Working Girls Makeup Essential Part 1: Prep and Prime




"makeup apa sih yang paling basic yang setidaknya perlu untuk kita punya?"


Di umur yang sudah 20 tahun lewat sedikit ini, aku masih sering bertemu dengan teman-teman yang belum terbiasa atau merasa belum pede dengan penggunaan makeup. Coba deh, pasti ada aja teman kalian yang kalau ke kantor selalu bare-face. Atau mungkin orang itu adalah kalian sendiri?

Buat aku pribadi, makeup itu adalah bagian dari perawatan diri... dan setiap orang (khususnya wanita) perlu tahu setidaknya the basics untuk mendandani diri. Tujuan aku pakai makeup ini juga bukan untuk menarik lawan jenis, tapi buat nunjukkin bahwa i put an effort to look different dari aku yang sehari-hari di rumah pakai daster dan ga dandan. Masa ke kantor sama di rumah mukanya sama-sama ngga dandan..? he he he
Satu lagi, I do it because it makes me feel good and when I am in a good mood, works become less stressful. Jadi ya.. ngga ada ruginya juga dandan sedikit ke kantor. 

Makeup ke kantor ngga harus super hits seperti di tutorial para vloggers youtube di luar sana atau seperti di tutorial yang sering muncul di explore page Instagram kalian. Di post ini aku akan sedikit berbagi kebiasaan makeup aku kalau lagi ke kantor sehari-hari dan kalau ada event yang lumayan besar:

1. Moisturizer/Essence

The bottom line is: any makeup will look good on a healthy, moisturized skin! Pakai pelembab itu wajib karena kalau kulit kalian kering, base makeup semahal apapun tidak akan menempel dengan baik dan malah kelihatan flaky… yang ada malah nanti kalian bakal sibuk ngaca karena flaky skin seringkali terlihat sangat jelas dan bikin self-concious. Selain itu, di umur kita yang sudah mendekati pertengahan 20an, penting untuk menjaga kulit agar tetap elastis. Dry skin ages faster than oily skin, dan pakai pelembab secara teratur akan membantu memperlambat munculnya garis halus/keriput di wajah.

Aku selalu pakai pelembab sesaat setelah selesai mandi karena saat tersebut adalah saat di mana daya serap kulit paling tinggi. Untuk produk aku dua tahun belakangan selalu pakai SKII ($$$, but it lives up to its reputation!) dan Lush Enzymion ($$, enak buat kulit berminyak), tapi kalau hari itu lagi lembab banget aku biasanya cuma pakai SKIInya saja. Kalian bisa pilih segala jenis pelembab yang cocok untuk kulit kalian. Kalau Noriko biasanya pakai Secret Key Starting Treatment Essence ($$), Dewanti pakai Olay ($), dan Muti pakai pelembab dari dokternya yaitu Dr. Essenskin ($$).

SKII Facial Treatment Essence. Well worth the investment!

Prinsip aku, it is okay to invest a little more on moisturizer karena itu adalah hal pertama yang nempel ke kulit kalian setiap hari dan ga akan dicuci atau dihapus sampai hari kalian selesai!


2. Sunscreen

Melindungi kulit dari serangan sinar UV juga tidak kalah pentingnya, apalagi di daerah tropis macam Indonesia. Bukan masalah jadi hitamnya sih (aku bahkan sebenarnya lebih suka kulit gelap), tapi karena efek buruk dari paparan sinar matahari yang berkelanjutan, salah satunya kerusakan sel kulit yang berfungsi untuk menjaga elastisitas dan ujung-ujungnya yaaaa kulit kering dan garis halus lagi.

Ketika memilih sunscreen, seringkali kita dihadapkan pada istilah SPF. Bagi yang belum tahu, SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor yang pada intinya menunjukkan kemampuan sunscreen tersebut untuk melindungi kulit kita dari serangan sinar UV. Semakin tinggi angkanya berarti kemampuan melindunginya makin tinggi. Tapi, sunscreen tersebut akan terasa lebih berminyak dan warnanya akan jadi sangat putih. Karena tulisan ini ditujukan untuk makeup kantor (atau kampus) aku sarankan memilih sunscreen yang SPFnya sekitar 15-25an, 30 maksimal deh kalau kalian cukup aktif di luar ruangan.

Semua sunscreen pada dasarnya sama… jadi sebenarnya mau merk apapun tidak masalah as long as it gets the job done. Sampai sekarang aku masih pakai sunscreen dari dokter kulit aku, Dr. Kun di jalan Hang Lekir ($, karena cuma 40ribu). Kalian bisa cek punya Noriko (Bioderma, $$), Muti (Skin Aqua UV Moisture Gel, $), dan Dewanti (Parasol, $) juga.


3. Foundation atau BB/CC/DD Creams

Chanel Perfection Lumiere Velvet in Beige 20

Nah… sebenarnya aku bukan tipe orang yang suka pakai alas bedak atau krim-krim alfabet lainnya ke kantor karena aku merasa it is heavy on the skin no matter how lightweight they claim to be, apalagi kalau buat dipakai sehari-hari. Tapi memang sih, kalau pakai alas bedak itu muka kita jadi kelihatan lebih cerah.

Anyways, if you are a bit uncomfortable with your own skin dan ingin pakai alas bedak dkk, aku sarankan cari yang paaaling cair instead of yang krim tebel atau stik. Untuk penggunaan sehari-hari aku sarankan cari yang ada tulisan lightweight atau light coverage. Lebih bagus lagi kalau ada tulisan oil-free atau non-comedogenic nya. Pemilihan warna juga penting! Pilihlah warna yang sedikiiiiiittt (banyak i-nya) lebih terang atau sama dengan kulit kalian.
Etude House BB Cream Precious Mineral in Natural Beige


Ketika diaplikasikan, ada beberapa trik yang selalu aku pakai
  • Mencampur alas bedak dengan sedikit sunscreen atau moisturizer supaya terasa lebih lightweight dan lebih mudah dibaurkan ke muka. Kalian bisa coba ini dengan foundation krim atau stik yang kalian punya. 
  • Pakai spons makeup lembab (bisa di spritz pakai air mineral atau dicuci terus diperas sampai airnya ga keluar lagi) yang ditepuk-tepukkan ke muka (ditepuk yah jangan ditarik!) untuk mengaplikasikan alas bedak. Dengan spons basah, alas bedak kalian akan menempel di kulit secara lebih halus dan natural. Btw, jangan lupa untuk pakai sedikit di bagian leher juga ya supaya ngga belang.
Untuk hari-hari di mana ada kegiatan besar atau bertemu counterpart penting yang mengharuskan aku untuk tampil sedikit lebih usaha daripada biasanya, aku pakai Etude BB Cream ($$) atau Chanel ($$$) kalau kegiatannya lagi super fancy. Kiko termasuk orang yang pakai foundation tiap hari, dia menggunakan Missha BB Cream Perfect Cover ($$). Kalau Dewanti suka sama Wardah ($) karena sangat natural. Muti biasa pakai wardah untuk sehari-hari dan MAC Studiofix Foundation ($$$) untuk hari-hari spesial di kantor.  

Oh iya, belakangan ini juga populer yang namanya tinted moisturizer (semacam pelembab tapi berwarna dan ada SPFnya) yang mungkin bisa jadi satu opsi. Jadi kalau kata pepatah, sekali mendayung tiga pulau terlampaui.

4. Blush

Dari semua peralatan makeup, mungkin blush on adalah satu hal yang aku paling suka! Tapi mungkin pada bingung, why blush and why not powder first?
Sudah menjadi kebiasaan aku untuk pakai blush on sebelum pakai bedak. Kenapa? Karena blush-on akan menempel lebih baik (which also means it will last longer) di kulit yang masih agak lembab dan kalau kebanyakan pakai blush-on sekarang masih bisa dikurangi/ditutupi sama bedak nanti.

Menurut cara pengaplikasiannya, blush on bisa dibagi menjadi dua. Kalian tinggal pilih sesuai jenis kulit kalian: 

  • Powder (aplikasi dengan kuas) untuk kulit yang cenderung berminyak (bukan hanya di T-zone). Powder blush will mattify your face dan lebih tahan kalau kena minyak. 
  • Naked Flushed yang sudah pecah </3
  • Liquid (termasuk cream, gel, sampai tint/stain blush) yang bisa dengan mudah diaplikasikan pakai tangan. Kalau kulit kalian kering atau kombinasi (pipinya kering tapi jidat sama hidungnya minyakan) seperti aku, liquid blush jauh lebih fun untuk diaplikasikan dan menurut aku lebih terlihat alami

Soal warna, pilihlah yang paling mendekati natural flush kalian! Caranya? Coba dibawah natural lighting dan tanpa makeup, cubit pipi kalian. Nanti akan kelihatan tuh warnanya he he he (beneran tapi). Kalau tidak, kalian bisa amati pipi kalian waktu lagi keringetan habis nge-gym ataau pas muka lagi hangat setelah minum miras (sebenarnya ini sih yang paling cocok tapi sayangnya minum miras biasanya malam hari jadi susah lihatnya…)

Bobby Brown Pot Rouge in Coral Calypso

Aku udah coba berbagai macam blush on dengan berbagai warna (told you, I love blushes). Yang menurut aku paling versatile buat ke kantor sehari-hari adalah Benefit Benetint in Rose ($$$, warnanya super cantik dan aku ngga pernah lihat orang yang jelek pakai ini!!!! I won't recommend yang warna lain though karena kurang pigmented aja untuk harga yang segitu. Mahal cyin) atau etude house lip and cheek stain. Selain itu, untuk yang suka warna corals (pink-ish orange gitu), Bobbi Brown Pot Rouge adalah my go-to blush ($$$ tapi satu produk dua tahun ga habis-habis karena a little goes a looong way). Kalian juga bisa coba blush kesukaan Noriko (Rimmel, $$) atau Dewanti (Milani Baked Blush in Rose d'Oro, $$).

Satu hal lagi yang penting adalah beberapa blush bisa berfungsi ganda sebagai lipstik (biasanya tertulis di kemasannya kayak lip and cheek stain) dan… kalian juga bisa pakai lipstik sebagai blush on! My other favorite trick adalah membubuhkan sejumlah lipstik - yang batangan - di punggung tangan  dan mencampurnya dengan sedikit sunscreen atau pelembab (makanya sunscreen dan pelembab itu penting) untuk kemudian diapply ke pipi <3 <3 Percaya deh girls, matching your lip color with your blush is one of the most satisfying feeling in the world <3 <3. Selain itu, mungkin karena dicampur dengan moisturizer atau sunscreen yang nempel ke kulit, warnanya jadi tahan lebih lama. Luv sekali.

5. Loose Powder

Pakai foundation ataupun tidak, bagian terakhir dari prep and prime series adalah bedak tabur! Bedak tabur just seems to set everything in place, smoothen your face, and makes you ready to roll!

Kalau kalian pakai foundation dan krim alas bedak lainnya, aku sarankan pakai bedak tabur yang translucent/tanpa warna, tapi kalau kalian ngga pakai bisa pakai bedak yang berwarna. 

Kalau Muti pakainya Makeover Silky Smooth Translucent Powder ($). Oh iya, bedak tabur ada yang bentuknya pressed loh.. seperti kesukaannya Noriko yaitu Maybelline Pressed Powder in Honey/Natural ($) yang dia tulis di post ini

Untuk loose powder ... hands down produk favorit aku, Dewanti, dan Kiko adalah ini!!


Marcks! Dirt cheap but super smooth and smells good~

With that, langkah Prep and Prime untuk makeup kantor sudah selesai. Kelihatannya memang panjang, tapi percayalah, lima langkah ini bahkan bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 7 menit! hehe.

Untuk bagian berikutnya, aku akan bahas mengenai langkah-langkah setelah prep and prime yang meliputi area mata dan bibir ;) nantikan post selanjutnya ya!


xx
- A



P.S 
$ = Rp 0 - Rp 150.000
$$ = Rp 150.000 - Rp 500.000
$$$ = Rp >500.000


Share:

0 comments