Pengalaman BTS Wings Tour Live in Jakarta part 1 (Pre Concert)

Akhirnya saya balik lagi nulis di blog ini, setelah kemaren – kemaren gak ada ide sama sekali. Kali ini saya mau bahas pengalaman saya nonton Konser BTS Wings Tour Live in Jakarta tanggal 29 April 2017. Nonton sama siapa Mut? Sendiri aja kok hehe (Yep you got it right, sendiri). Ini blog tentang working girls kok bahas konser ? Karena saya yakin banyak juga working girls diluar sana yang suka juga nonton konser, jadi sekedar sharing aja.

Tulisan ini akan saya bagi menjadi 2 part. Pre-concert dan Concert Time. Oke kita mulai dulu dengan bagian pertama dari tulisan ini ya. Saya akan membuka tulisan ini dengan kesimpulan:

“Last night BTS concert was dope, but the everything else were sucked big time. I literally had the worst pre-concert ever”



Jadi, kemaren saya nonton konser BTS itu di section Green A (bisa di google ya layout konsernya) dengan benefit fast track, sebenernya saya punya 2 tiket hasil hunting sendiri, yaitu Green A zone (standing yang lumayan deket ) dan Yellow Zone (duduk tapi jauh banget) nah sebenernya saya orangnya lebih suka duduk sih, karena nyaman gak usah desek – desekan, tapi ketika diumumin tiket standing saya termasuk undian yang dapet fast track (masuk ke venue duluan dibandingkan yg reguler) saya pikir wah mungkin emang rejeki nih liat artisnya dari deket dan setelah minta saran dari banyak orang, including the girls in this blog, yaudalah akhirnya saya lepas tiket yang duduk ke kenalannya teman saya.

Tapi ternyata, the pre concert dan pas konser juga beneran deh, sucked big time, the ticketing, the promotor and the unmannered crowd beneran robbed my enjoyment semalem. Akan saya break down satu – satu keluhan saya untuk beberapa pihak ini ya.

Untuk ticketingnya ya, YES24 ID, saya merasa dirugikan saat penukaran tiket. Jadi kalo tau bentuk e ticket nya itu ada Nama dan nomor ID ya, tapi bisa pesen tiket tanpa pake ID, (kalau di tiketing satunya, tiket.com baru mau pesen harus isi ID, kok tau? Karena saya juga coba untuk beli dari situ. In my defence, saya gak suka taruh data pribadi (such as nomor KTP) di profile web karena itu confidential, and since dari awal saya bisa beli tiket gak pake nomor ID, kenapa banget dipermasalahkan pas saya udah di depan loket tinggal tuker ? Jadi temen – temen, saya udah di depan loket, gak bisa ambil tiket karena, nomor ID saya gak ada J padahal nama di KTP sama nama di e-ticket sama. It’s not like I have common names!

Saya bener – bener emosi sama ticketingnya apalagi pas ngeliat sendiri kenalannya temen saya yang pake surat kuasa saya kasih fotokopi SIM saya bisa masuk jauh lebih duluan daripada saya, dan anak – anak yang masih pakai kartu pelajar dan gak isi nomor ID pun bisa masuk tanpa masalah! Mbak – mbak tiketingnya dengan santainya bilang ke saya kalau nmr ID nya harus dimasukin dulu sendiri, a.k.a harus buka web nya terus masukin sendiri, tapi demi apapun disana sangat sulit sinyalnya. Akhirnya saya coba telpon beberapa temen saya untuk minta bantuan. Ternyata untuk masukin nomor ID harus pake full-version bukan mobile version dong, untuk aja ada temen saya yg kerja hari sabtu jadi dia stand by di depan komputer dan bisa bantuin saya. Akhirnya setelah beres minta tolong temen saya itu, saya maju lagi ke tiketingnya, ternyata sistem mereka sangat lambat dan gak langsung masuk dong ID saya dan setelah berapa lama baru masuk dan bisa ambil tiketnya. Ada sekitar satu jam saya muter – muter di area penukaran tiket cuma buat ngurus ginian. Jadi saya merasa sangat dirugikan secara waktu sama YES24ID, karena sistem yang lambat dan kebijakan yang jelas – jelas gak beraturan!  Saya lihat sendiri yang pake Kartu pelajar tanpa nomor ID bisa langsung tuker, tapi saya yang sudah dewasa dan sudah menyertakan Identitas resmi gak bisa tuker.

Untuk promotornya, IME Indonesia, waduh saya bener – bener bingung deh ini kenapa berani nyelenggarain acara sebesar ini kalau personelnya masih sedikit atau, ah sudahlah. Satu kata sih R-I-B-E-T, berapa kali nonton konser, antrian dan kebijakan pas nonton konser BTS inilah yang paling gak jelas. Menurut saya masalah utamanya adalah antriannya yang gak rapih, susah banget ya untuk bikin fasilitas buat antrian yang rapih ?Indonesian sure have bad queueing manners, but inconsistency and bad management from the promotor, made it 10 times worse!

Sesusah apasih buat menyediakan pager pembatas atau untuk nambah personel untuk ngatur antrian. Bener – bener deh, saya emang dapet benefit fast track, tapi gak berasa fast track sama sekali. Pertama, pas masih diluar gedung, antrian untuk fast tracknya geraknya lebih lambat daripada antrian reguler, kedua pas udah masuk di dalem untuk antri fast track, DAMN, bener – bener antrian paling kacau yang pernah saya rasain seumur – umur. Antriannya kacau banget to the point saya bingung harus mulai antri dari mana, apalagi ada yang  orang diantrian yang bilang harus antri bareng reguler dulu untuk ambil gelang section baru antri fast track, jadi saya udah di line fast track balik lagi keluar buat nanya – nanya, tapi pas nanya orang – orang yang pake ID card staff, bilangnya kalo fast track bisa langsung antri fast track, kasian banget itu orang – orang yang udah antri gelang reguler padahal punya fast track, heran deh saya mereka dapet info dari mana.

Nyebelinnya di antrian fast track itu gak ada pager pembatasnya per line gitu, karena antriannya tanpa line dan bottle neck gitu jadi harus pake skill nyelip – nyelip, bener – bener deh, bikin capek sebelum konser mulai! Ternyata pas sampe diujungnya, cuma ada 4 meja (2 dari YES24 dan 2 dari Tiket.com), the hell! Dari antrian yang gak jelas ada berapa baris gitu ngecil jadi 4 line, itu konyol banget! Banyak banget orang pake id staff yang jalan – jalan, tapi kenapa gak dipake buat bantu tuker benefit ya. In total saya ngabisin waktu 2 jam kali untuk desek – desekan di line fast track dan baru bener – bener masuk di ke holding area fast track sekitar jam 4, baru istirahat sekitar 15 menit udah langsung dipanggilin untuk masuk ke venue. Untungnya promotornya commited untuk manggilin penontonnya ke dalam venue berdasarkan nomor di gelang fast track, karena kalo masih pake antri model gak beraturan juga, haduh gak sanggup banget deh.

Di dalem venue, pas pertama kali masuk, itu depan yang kosong section RED A

Akhirnya saya baru masuk venue sekitar jam setengah 5, saya langsung milih tempat yang disebelah pager pembatas tapi masih di depan. Ini baru deh kerasa enaknya fast track, bisa liat venue pas masih lega dan masih bisa duduk – duduk dalem venue, lumayan lama lah, kami yang fast track ada di dalem venue sebelum antrian yang reguler masuk jadi bisa istirahat, sambil dengerin cerita dedek – dedek remaja tentang kenapa suka BTS, sejak kapan, dan komen – komen tentang membernya, sambil nontonin beberapa MV nya BTS yang disetel di monitor. Yang saya bingung ini orang – orang bahkan udah sing along dan jerit – jerit pas nontonin MV yang dilayar, saya sih diem aja sambil sesekali ngobrol, ada adek (I know she’s way younger than me) yang nanya apakah saya sakit karena gak ikutan nyanyi hahaha, bukan dek tapi saya nyimpen tenaga buat seru – seruan pas konser mulai. 

Okay, so this is the end of the first post! Kenapa sih Mut pake dibagi 2 part ? Karena kalo satu part kepanjangan! Gak bagus untuk psikologis yang baca hahaha. Read the part 2 here

-M


Share:

10 comments

  1. Aku niat nonton konser bts tahun depan kalo mereka kesini lagi,pas baca blog kaka aku baru sadar iya juga ya army indo kan hebohnya minta ampun ditambah budaya ngantri yang belum terlaksana di negara kita pasti bikin kesel banget. Terus temen aku juga bilang kalo promotornya selain mcmapro atau apa gitu satu lagi siap2 aja dgn banyak hal karena promotor yg terkenal profesional dan bagus kinerjanya yaitu mcmapro. Aku jd agak deg2an juga nanti, apalagi harus ngadepin antrian yg ga tertib :( kaka punya tips ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo farista, maaf bgt ya baru jawab komennya.

      Kalau tips paling cuma pokoknya jangan kejadian kayak aku yg sebenernya udh dateng pagi, tapi ternyata terhambat tuker tiketnya karena no. KTP belom masuk, pokoknya hal - hal kayak gini mending dihindarin deh, karena ngerugiin banget. Apalagi kalo kamu nanti pilih kategori yang standing, rugi banget kan kalo dapetnya dibelakang2.

      Jadi amannya kamu tuker tiket sebelum hari H aja, jadi pas hari H udah bener2 tinggal antri masuk.

      -M

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. ka mau nanya kalo yg seat itu antri nya juga parah ga? tapi kalo nonton yg seat itu kursinya rata atau naik gt ya ka? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Wanda maaf ya baru bales komennya.

      Kalo di ICE kemarin kursinya level up gitu kok, semakin kebelakang semakin tinggi jadi pasti keliatan (kecuali depan kamu berdiri2 gitu)

      Kalo antri yang seat kemarin itu karena free seat alias gak ada nomor kursinya, jadi ya antrinya ribet juga karena pada dulu2an masuk gitukan mau dapet kursi yang paling strategis.

      -M

      Delete
  4. seruyah ceritanya...
    suka bacai pengalaman orang lain.. padahal aku juga punya pengalaman sendiri...
    tahun ini pergi lagi kak... yang diluar negeri.. hhehehee

    ReplyDelete
  5. Kak. Aku rencana mau nonton next konser bts bukan rencana si tapi uda rada fix gitu berhubung uda ngantongin ijin. Nah bisa tolong lebih jelasin gak pas pembelian tiket trus sarannya apa aja biar bisa kebagian dapet tiket yang kita mau

    ReplyDelete
  6. Pasti keren banget, ga sia sia beli tiket

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. I really love this blog post. It is quite informative and also rich in quality informational detail for all types of readers. I am a routine researcher and reader who reads different blog posts on a daily basis for the sake of knowledge. So as a part of readers' society, I want to pay my role in increasing the knowledge of other readers and researchers. I recently wrote a piece with the same quality of information on [pii_email_2776f13cb4eb31324aa1], you can also read it. This will surely increase the knowledge and the interest of readers who regularly visit your site.

    ReplyDelete