Review: Hostel di Korea Yang Cocok untuk Belanja Online - Seoul Grand Hostel Ewha Univ

Akhirnya ngepost lagi sejak post terakhir tahun 2017, emang begini nasib blog nya kalo dipegang sama wanita - wanita wacana LOL. Sekarang, aku kembali dengan review akomodasi (lagi) yang bisa berguna buat kalian yang lagi nyari - nyari hostel recommended untuk di Seoul. 

Pertengahan bulan November lalu aku akhirnya balik ke Seoul lagi, setelah terakhir kali ke sana tahun 2012, it's been 7 years ago! Untuk trip kali ini, aku pergi berdua dan kita berdua orangnya lebih suka akomodasi yang satu kamar cuma buat kita berdua doang dan ensuite bathroom atau kamar mandi dalam. Kedua kita juga nyari yang lokasinya deket sama transportasi umum, supaya mobilitas kita gampang kalo mau kemana - kemana dan tapi juga deket sama restoran, convenience store, pokoknya yang strategis deh. Akhirnya pilihan kita jatuh ke 

SEOUL GRAND HOSTEL EWHA UNIV.  


The entrance



Sebenernya ekspetasi awal aku sama hostel ini biasa aja, karena kebetulan di foto keliatannya bersih dan rapih, terus lokasinya deket sama halte dan stasiun. Tapi terus begitu nyampe di sana, semuanya bener - bener melebihi ekspektasi aku. 

Location wise, deket sama halte bus dan stasiun subway Ewha Womans University, sama Ewha Univ nya deket ga ? Ya deket juga dong, bisa banget buat kalian yang mau ambi untuk foto di depan tangga Ewha Univ yang tersohor itu dateng pagi - pagi sebelum ramai mahasiswa dan ramai turis. Ini juga deket sama Ewha Shopping Street yang jual baju dan sepatu bagus - bagus yang harganya kisaran 10,000 KRW, tergolong murah loh buat di sana. Tips dari aku misalnya mau ke Korea musim dingin, tapi belum punya coat atau boots, tapi sayang kalo beli mahal - mahal karena bakalan gak kepake kalo di Indonesia, just bring your warmest jacket, terus beli coat dan boots nya disini deh, karena harganya jatohnya lebih murah dan modelnya pun ngikutin model Korea gitu jadi bakal bagus buat foto OOTD. Lokasinya juga deket sama convenience store, banks, dan kantor pos.



the famous Ewha Womans University entrance 


contoh fotonya gini deh 


Untuk menuju ke sana dari Bandara Incheon aku nyobain dua pilihan yang sudah dikasih tau sama di website hostel. Jadi aku pas dateng naik limousine bus dan pas pulang naik subway. Tapi aku kebalik deh, harusnya kalo mau tuh pas dateng kan barang bawaan masih enteng, belom bawa belanjaan macem - macem, harusnya naik subway aja karena harus transit, sekali di Hongik Univ Station dari Airport Line, sedangkan pas pulang dimana koper sudah berat banget sama belanjaan harusnya naik limousine bus aja yang bener - bener tinggal duduk manis setelah naik dari halte. Untuk waktunya sih sekitar satu jam-an ya naik bis ataupun naik subway dari dan ke bandara Incheon dari Ewha Univ. Jarak halte dan subway station ke hostelnya deket kok, kalau jalan santai paling 7 menitan, oh iya bagi yang bawa koper lift di Ewha Univ Station tuh ada di exit 6 ya.

Harganya gimana? Nah menurutku ini relatif sih. Aku berdua kemaren 7 hari 6 malem total 3 juta rupiah. Menurutku untuk kenyamanan dan experience selama di sana, itu worth it hehehe. Aku kemaren pesen via tiket.com, tips buat yang mau pesen coba bandingin website serupa dan siapa tau salah satu nawarin diskon jadinya bisa dapet harga lebih murah. 

So, about the hostel, tempatnya ada di lantai 7, tapi tenang karena gedungnya ada lift nya jadi bagi yang bawa koper berat - berat kayak aku kemaren tidak masalah. Di luar gedung juga ada plangnya hostel ini kok, jadi gampang dicarinya. Pas pertama kali masuk ke hostelnya, tempatnya persis banget kayak di foto yang aku liat di web, bersih dan rapih. Di hostel ada common room dan kitchen. Kalau nginep udah include breakfast dari jam 8 - 10 pagi, lumayan banget mereka nyediain cereal, roti, telur (mereka sedia mentah jadi masak sendiri ya), susu, kopi, dan teh. Ada juga microwave kalau mau heat up makanan. Drinking water mereka sedia 24 jam. Oh, di common room juga ada PC jadi kalau gak bawa laptop tapi butuh browsing, bisa pake PC.


Common Room


Kitchen

Kita pilih kamar yang bunk bed untuk berdua. Walaupun bunk bed tapi kasurnya empuk kok, comfy banget malah. Menurut aku kamar ini pas banget buat yang bawa koper gede jadi ada space buat buka koper, lega juga buat solat. Di dalem kamar ada ac yang bisa dijadiin heater, kulkas, tv, hairdryer dan wifi sendiri jadi enak banget buat internetan. Kamar mandinya kecil sih, tapi bersih dan ada shower with water heater, mereka juga menyediakan handuk for free loh.


Bunk Beds

bathroom 

Pengalaman baru yang aku lakuin kemaren adalah. Pesen barang online dan dikirim ke alamat hostel. Karena aku kemaren liburan sekaligus buka jastip yang lumayan banyak haha, jadi 5 paket yang dikirim ke hostel. Ini nih poin penting untuk yang bingung mau milih hostel atau airbnb pas lagi travelling. Kalau hostel kan ada resepsionisnya, jadi mereka bisa bantu terima paket kita selagi kitanya jalan - jalan keluar, sedangkan kalau airbnb, biasanya kan kita tinggal sendirian di apartement jadi gak ada yang nerimain paket buat kita, jadi akan membatasi waktu buat jalan - jalan. Staff yang ramah dan helpful juga salah satu poin plus dari hostel ini, beneran deh semua staff nya ramah dan they speak clear english, membantu banget pula kalau ditanyain macem - macem. Termasuk waktu itu aku tanya bisa kirim barang ke hostel apa nggak sebelum aku sampai di Korea dan ternyata bisa maksimum 2 barang sebelum kita sampai di hostel, tapi kalau pas kita lagi nginep, mereka bisa bantuin untuk terima berapapun barang untuk kita. 

Buat Kpop fans. Hostel ini udah biasa banget deh dipake nginep buat fans yang bulk buy album, yang kayaknya sih buat fansign. Jadi pas aku kesana ada setumpuk album yang ditinggal di hostel dan dibolehin buat diambil gratis, tapi emang tinggal album doang sih, gak ada photocard dan lainnya. Saking banyaknya mereka punya koleksi album kpop sendiri yang emang ditinggalin sama yang pernah nginep situ, nah yang masuk rak ini boleh untuk dibuka dan diliat - liat tapi gak boleh diambil ya.

Album AB6SIX yang ditinggal dan bisa bebas diambil 


Rak yang isinya koleksi Album dan Seoul Tourism flyers dalam berbagai bahasa


Overall, berikut hal - hal yang buat hostel ini super recommended. 
  • Lokasi, lokasi, lokasi - Lokasi strategis dekat fasilitas dan transportasi umum. 
  • Top notch staffs - Staff nya ramah - ramah dan helpful sekali, they also speaks clear english 
  • Bisa terima barang kiriman untuk kita - Penting ini buat yang mau beli barang dari seller korea langsung atau mau ambil barang yang udah dibeli tapi masih di warehouse. 

Oh, iya semua bisa di cek di web mereka di sini http://seoul.grandhostel.co.kr/. Oh mereka ada kekurangan sih, yaitu mereka susah dihubungin, aku baru bisa ngehubungin mereka untuk nanya - nanya tentang kirim paket via kakao talk, setelah sebelumnya aku email dan facebook chat gak dibales. Itupun di kakao talk mereka slow response, tapi ngeliat yang jaga resepsionis itu kerja sendiri most of the time di hostel, jadi wajar sih kalau mereka slow response. 

Review ini purely based on my experienced dan aku gak dibayar sepeser pun (LOL lo sokap?) . Cuma mau sharing aja akomodasi bagus buat yang masih bingung cari akomodasi waktu travelling ke Seoul. 

-M

Share:

0 comments